Kamis, 11 September 2008

REMAJA PEDULI TENTANG LINGKUNGAN

Remaja, remaja, lagi-lagi remaja.
Kenapa yang disorot selalu remaja ?
Ya jelas dong generasi muda kan adalah penerus bangsa.
Ngambil dari kata-kata orang bijak nih “jika ingin melihat masa depan suatu bangsa, lihatlah generasi mudanya”. Nah remaja kan juga termasuk generasi muda penerus bangsa. Kita enggak mau kan kalau negara kita memiliki masa depan yang jelek, makanya kita harus peduli dengan lingkungan kita.
Lho kok peduli lingkungan, apa hubungannya sih ?
Ya jelas ada dong.
Sekarang dunia lagi hebohnya dengan masalah lingkungan terutama dampak dari Global Warming yang dirasakan oleh seluruh dunia. Sudah banyak yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini dari berbagai Negara, bahkan membentuk kerjasama dengan negara lain. Tapi sampai saat ini usaha itu belum menunjukkan hasil yang maksimal. Inilah salah satu contoh dari akibat perbuatan manusia sendiri.
Di Negara kita sendiri “Indonesia” keadaan lingkungan sudah gak dapat lagi diperkirakan. Banjir, gempa, kemarau, dan bencana lain sudah tak bisa lagi diprediksi karena lingkungan sudah tak lagi bersahabat. Dan bencana yang paling jelas, yang sampai sekarang belum selesai yaitu Lumpur Lapindo yang sudah menyengsarakan masyarakat. Ini jelas masalah masalah lingkungan yang serius. Tapi banyak manusia yang tidak sadar dan peduli dengan keadaan lingkungan yang sudah rusak seperti ini. Kalau bencana sudah terjadi baru ada tindakan yang dilakukan untuk mengatasinya, tapi tak pernah ada tindakan untuk mencegahnya sebelum terjadi. Inilah kebanyakan pemikiram masyarakat kita.
Nah, melihat dari dua masalah tadi tugas kita sebagai remaja yang peduli tentang lingkungan harus memperhatikannya. Kita harus berusaha untuk mencegah agar lingkungan kita yang sudah rusak ini tidak menjadi lebih parah. Caranya minimal kita tidak memperparah keadaan lingkungan. Atau kalau bisa kita membuat organisasi yang peduli terhadap lingkungan, atau ikut bergabung dengan organisasi yang peduli lingkungan yang sudah ada.
Makanya kita sebagai remaja yang ingin merasakan lingkungan yang sehat harus peduli tentang lingkungan, minimal lingkungan sekitar kita. Kita tunjukin dong sama semua orang kalau kita tu juga peduli tentang lingkungan, bukan hanya bisa merusak lingkungan. Kalau bukan kita yang peduli, kan siapa lagi yang akan peduli dengan lingkungan, ya enggak ?.

1 komentar:

Hanifah Hayu mengatakan...

saya stuju dngn saran mengadakan organisasi remja peduli lingkungan. bagaimana klau kita membuatnya?